Surat Keputusan Direksi tentang PPID

Dalam menjalankan pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, korporasi menuangkannya di dalam Surat Keputusan Direksi terkait PPID PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung Nomor 015 Tahun 2013 tentang Penetapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung. Adapun isi SKD tersebut sebagai berikut:

  • Menimbang
    a. Bahwa sehubungan dengan era keterbukaan yang menuntut Badan Publik termasuk PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (PT JIEP) untuk memberikan informasi public sebagai implementasi Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
    b. Bahwa PT JIEP segera menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan PT JIEP melalui Keputusan Direksi.
  • Menimbang
    a. Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
    b. Undang-Undang No.40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
    c. Undang-Undang No.19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
    d. Anggaran Dasar Perusahaan
    e. Keputusan Rapat Direksi PT JIEP tanggal 26 Februari 2013
  • Menetapkan
    a. Mengangkat Sekretaris Perusahaan sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)
    b. PPID dalam melaksanakan tugas sehari-hari dibantu oleh staf penyimpan dokumentasi PT JIEPc. Uraian tugas PPID adalah sebagai berikut :
     Mengkoordinasikan setiap unit/satuan kerja di PT JIEP dalam
    melaksanakan pelayanan informasi public
     Memutuskan suatu informasi dapat diakses public atau tidak
     Menolak permohonan informasi secara tertulis apabila informasi yang dimohon termasuk informasi yangdikecualikan/rahasia dengan disertai alas an serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut
     Berkoordinasi dengan Pejabat Fungsional dan/atau petugas informasi di bawah wewenang dan kkordinasinya untuk membuat, memelihara, dan/atau memutakhirkan daftar informasi secara berkala sekurang-kurangnya satu kali dalam sebulan dalam hal Badan Publik memiliki pejabat fungsional dan/atau petugas informasi
     Mengkoordinir segala hal yang berkaitan dengan informasi di bidang Teknologi Informasi.d. Dalam melaksanakan tugasnya PPID bertanggung jawab kepada Direktur Utama
    e. Seluruh sarana yang dipergunakan serta biaya yang dikeluarkan dalam pelaksanaan tugas dibebankan pada anggaran perusahaan
    f. Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan/kekurangan dalam Surat Keputusan Direksi ini, maka akan diadakan penyempurnaan/perbaikan sebagaimana mestinya
    g. Surat Keputusan Direksi ini berlaku sejak tanggal di tetapkan hingga ada ketentuan lain.